s

Senin, 09 Januari 2012

Pentingnya Pengawasan dalam Pekerjaan

Mengingat pengertian pengawasan yaitu kegiatan untuk meyakinkan dan menjamin bahwa tugas dan pekerjaan telah dilakukan sesuai dengan  rancangan yang ditetapkan(SOP).Pengawasan penting sekali karena dijadikan tolak ukur dalam memberikan penilaian terhadap pekerjaan/tugas seseoarang ataupun kelompok dalam sebuah usaha dan organisasi.Pengawasan sangat dibutuhkan dalam organisasi untuk menjapai cita-cita dan tujuan dari organisasi tersebut.Salah satu dari lima fungsi dasar manajemen adalah kontrol atau pengawasan yang berfungsi untuk membantu memastikan apakah aktifitas yang dilakukan karyawan administrasi sesuai dengan tujuan dan cita-cita yang diinginkan.Selain itu juga fungsi ini dapat digunakan untuk memfasilitasi bagaimana melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap hasil kerja.Pengawasan merupakan tanggung jawab pimpinan namun karena tidak mungkin pimpinan melakukan tugasnya sendiri maka tugas pengawasan ini dilimpahkan ke unit pengawasan.Namun dalam pengawasan ini pimpinan akan dibantu oleh beberapa manager yang bertugas dibidangnya masing-masing sehingga memungkinkan hasil tugas pengawasan lebih efektif dan efisien.Sebagian pihak masih menganggap pengawasan ini tidak begitu penting dan disalah artikan fungsinya.Tetapi dalam organisasi modern dan dalam perusahaan berstandar komplek semakin diperlukan adanya proses pengawasan.Perkembangan modern yang semakin komplek yang berkaitan dengan kontrol ini memungkinkan  fungsi kontrol ini berkembang dari segi teori dan penerapannya.Awalnya kontrol dipandang sebagai kegiatan yang sifatnya pemaksaan kekuasaan sampai akhirnya merupakan fungsi  yang difokuskan pada sikap perilaku individu yang memiliki dan berbagai sifat.Teknik pengawasan ini semakin diperjelas dan disederhanakan agar lebih mudah pemahamannya dan meminimalisir salah penafsiran.Pengawasan dalam adsminitrasi sangat diperlukan karena beberapa alasannya pengawasan ini digunakan untuk membuat standar prestasi yang dimaksutkan untuk menaikan efisiensi dan menekan biaya.Misalkan penggunaan time dan motion studies,pelaksanaan pemeriksaan,dan pembuatan pedoman tertulis.Pengawasan dimanfaatkan oleh perusahaan dari kemungkinan pencurian,pemborosan,serta penyalahgunaan.Misalnya penekanan terhadap tanggung jawab divisi,pemisahan tugas,pengamanan harta dan pencatatan,penetapan prosedur otoritas.Pengawasan dirancang untuk menetapkan batas wewenang yang didelegasikan oleh manajemen tingkat atas (top manager).Pengawasan juga digunakan untuk mengukur prestasi kinerja karyawan.Pengawasan juga dirancang untuk perencanaan dan penyusunan program kerja.Pengawasan adsminitrasi mempunyai peranan yang besar dalam pencapaian keberhasilan apabila memenuhi kriteria.Namun proses pengawasn tidak mungkin maksimal jika tidak didukung oleh tingkat manager atas.Proses pengawasan juga disesuaikan dengan pekerjaan dan tujuan dari organisasi.Apabila dalam proses pengawasan berhasil keuntungan atau kelebihan yaitu misalkan Tujuan akan diwujudkan lebih cepat,lebih mudah dicapai,menciptakan suasana keterbukaan,kejujuran dan transparan,menimbulakan saling percaya dan menghilangkan rasa curiga dalam organisasi,Menumbuhakan  perasaan aman dihati setiap orang dalam organisasi sehingga mendorong kondisi jiwa dan pikiran yag sehat,memupuk rasa memiliki perusahaan atau organisasi,meningkatkan rasa tanggung jawab personil,Meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan produktifitas yang akhirnya mempercepat pencapaian tujuan.
Dari uraian sedikit tentang proses pengawasan ini,dapat kita lihat betapa penting dan dibutuhkanya dalam suatu organisasi.Bukan hanya organisasi atau perusahaan yang diuntungka karena adanya pengawasan ini tapi juga personilnya karena menambah daya untuk bekerja lebih baik sehingga dapat memiliki prestasi dalam pekerjaannya,juga menambah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang sedang dikerjakannya.


SUMBER:
http://juwita.staff.gunadarma.ac.id/downloads/files/3447/kk-000124.doc

1 komentar: