s

Jumat, 25 Mei 2012

MOTIVASI DAN TEORI MOTIVASI

Adalah proses yang menjelaskan intensitas,kesungguhan,kekukuhan,kegigihan,ketekunan,dan arah untuk mencapai suatu tujuan.Suatu individu jika ingin mencapai tujuan dalam setiap hal yang dilakukan haruslah memiliki suatu motivasi dalam pencapaiannya.Misalkan seorang pelajar,motivasi dalam belajar adalah untuk meraih sukses dalam mencapai nilai dan mendapatkan pengetahuan yang nantinya berguna bagi diri dan dapat membantu orang lain dengan ilmunya ini.Dengan motivasi yang kuat dan usaha yang kukuh kemungkinan keberhasilan sangatlah mudah diraih meskipun harus bekerja dengan memaksimalkan semua tenaga dan pikiran.Jika seorang tersebut memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang kuat untuk mencapai apa yang sedang diinginkannya dengan pekerjaan yang sedang dikerjakannya.Terkadang pengertian motivasi dan semangat itu disamakan padahal itu berbeda artinya.Karena motivasi ini lah yang akan menimbulkan semangat untuk meraihnya.
Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan "saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi". Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat.
Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.


sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar