s

Jumat, 25 Mei 2012

STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK

Definisi konflik
Konflik merupakan perselisihan(disagreement),adanya ketegangan(the presence of tension),atau munculnya kesulitan-kesulitan lain diantara kedua belah pihak.Konflik sering mengundang pandangan dari keduabelah pihak yang saling berseteru,dan saling berfikir satu sama lain hanya sebagai pengganggu dari projectnya masing-masing.subtantif conflicts merupakan perselisihan yang berkaitan dengan tujuan.
Dalam suatu organisasi terdapat beberapa posisi yang membedakan antara satu karyawan dengan karyawan lain hal ini yang menyebabkan rasa iri,tidak simpatik,tidak percaya,takut,tantangan menginginkan jabatan yang tinggi membuat persaingan yang lama larut menjadi konflik,serta adanya pertentangan antar pribadi(personality clashes).Kejadian dimana adanya perbedaan pendapat dan perbedaan cara pandang antar orang maupun kelompok.Definisi lain yaitu sikap saling mempertahankan diri dari sekurangnya antar dua kubu,yang mempunyai tujuan dan cara pandang yang berbeda.
STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK
1.Menghindar
Yaitu dengan cara menghindari jika ada selisih atau perbedaan yang isu atau masalahnya memicu konflik tidak terlalu penting jika kontrofersinya tidak seimbang dengan akibat yang akan ditimbulkan.Menghindari merupakan strtegi menghindar dari konflik dari pihak yang sedang berkontrofersi,biasanya seorang manajer memberi kesempatan untuk berfikir dalam memecahkan masalah yang sedang berlangsung.
2.Mengakomodasi
Yitu memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memikirkan dan mengatur strategi dan pemecahan masalah.Dengan hal ini bisa menimbulkan kerjasama pada mereka untuk membuat keputusan.
3. Kompetisi
Gunakan metode ini jika anda percaya bahwa anda memiliki kelebihan dalam banyak informasi dan keahlian yang lebih dibanding yang lainnya atau ketika anda tidak ingin mengkompromikan nilai-nilai anda.Metode ini mungkin bisa memicu konflik tetapi juga bisa jadi merupakan metode yang penting untuk alasan-alasan keamanan.





4.Kompromi dan Negosiasi
Yaitu dengan memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan,saling memberi dan menerima,serta meminimalkan kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak.
5.Memecahkan Masalah atau Kolaborasi
Yaitu pemecahan sama-sama menang dimana individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama.Perlu adanya satu komitmen dari semua pihak yang terlibat untuk saling mendukung dan saling memperhatikan satu sama lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar