s

Kamis, 07 November 2013

MEMAHAMI DAN MENDESAIN QUERY DAN LAPORAN




                Untuk mengakses informasi dari basis data,anda harus memahami konsep query.Query adalah permintaan dari basis data,Informasi di tabel dan di query dapat digunakan untuk menghasilkan laporan yang bermanfaat dan tersusun dengan baik untuk manager dan pengguna.Piranti lunak manajemen basis data menyediakan fungsi-fungsi pembuatan table,memasukan data ke table,dan memperoleh kembali informasi melalui query.Sebagian besar produk piranti lunak basis data juga menyediakan piranti lunak untuk mendesain laporan yang akan menampilkan atau mencetak informasi yang diperoleh.Hal yang harus diperhatikan dalam mendesain query dan laporan pada suatu perusahaan adalah sebagai berikut:
1.Sistem manajemen basis data /DBMS (Basis Data Manajemen System) adalah kumpulan program yang memungkinkan anda memasukan,mengatur,dan memilih informasi dari basis data.
2.Laporan ringkasan kejadian(event summary report) adalah laporan yang meringkas data kejadian menurut berbagai parameter.Contohnya meliputi penjualan yang diringkas menurut bulan atau penjualan yang diringkas menurut pelanggan.
3.From adalah perintah dalam SQL yang digunakan untuk mengidentifikasi tabel menyediakan sumber informasi yang diinginkan.Sebagai contoh From tabel pelanggan (diambil dari tabel data pelanggan dalam database).
4.Footer Kelompok (group footer) adalah bagian dari laporan yang mengikuti perincian kelompok.Footer kelompok sering digunakan untuk menyajikan informasi ringkasan mengenai sekelompok,seperti subtotal dan perhitungan.
5.Group header (header kelompok)  adalah bagian dari laporan yang mendahului bagian perincian kelompok dan biasanya digunakan untuk menampilkan nama kelompok atau informasi lainnya yang biasa untuk kelompok transaksi yang tampak dibagian perincian kelompok.
6.Laporan perincian berkelompok (grouped detail report ) adalah laporan status perincian berkelompok atau laporan perincian kejadian berkelompok.
7.Laporan status perincian berkelompok(grouped detail status report) adalah laporan yang menampilkan data ringkasan dan data saldo mengenai barang,jasa atau agen dan biasanya juga menampilkan beberapa data acuan mengenai barang,jasa,atau agen.Laporan tersebut mencakup daftar kejadian yang memengaruhi data ringkasan.Laporan umur piutang usaha mendaftar setiap faktur penjualan yang belum utama antara laporan status perincian berkelompok dengan laporan perincian kejadian berkelompok adalah bahwa informasi saldo tidak disajikan pada laporan kejadian.
8.Laporan perincian kejadian berkelompok (grouped event detail reports) adalah laporan yang memiliki bagian perincian kelompok dan yang menampilkan daftar kejadian selama suatu periode, biasanya disusun menurut barang,jasa dan agen.
9.Kota label (label box) adalah kotak segi empat didalam tata letak desain yang menampilkan tekx  deskriptif dan tidak terpengaruh oleh data didalam tabel.
10.Footer halaman (page footer) adalah informasi yang tampak dibawah setiap halaman laporan.
11.Header halaman(page header) adalah informasi yang tampak diatas setiap halaman laporan.
12.Query adalah permintaan informasu dari basis data.
13.Query by Example(QBE) adalah jaringan atau replika dari sebuah table kosong yang digunakan untuk menentukan output yang diinginkan dari satu tabel atau lebih.Nama setiap atribut (field) yang diinginkan dimasukan kedalam kolom yang berbeda di table tersebut.kriteria pencari juga dimasukan.
14.Daftar acuan (reference list) adlah daftar yang hanya melaporkan data acuan yang diambil dari table induk.
15.Laporan (report)  adlaah penyajian data yang berpola dan tersusun.
16.Perincian laporan (report details) adalah bagian laporan yang menyajikan informasi mengenai berbagai entitas (kejadian,agen,barang,dan jasa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar