s

Kamis, 07 November 2013

MEMAHAMI DAN NENDESAIN FORMULIR




                Sebagai pengguna SIA,akuntan harus memahami formulir-formulir SIA khususnya khusus serta isi,organisasi,dan fitur interksi pengguna.Sebagai perancang,akuntan harus memberikan perhatian cermat terhadap desain formulir.Antar muka pengguna yang didesain dengan baik dapat membuat entri data lebih efisien dan akurat.Sebagaii auditor dan evaluator SIA, akuntan menyadari bahawa sebuah formulir entri data merupakan hal penting dalam pengendalian internal.Oleh karena itu, berbagai pengendaliaan yang dapat dibuat dalam formulir untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi.
Formulir Input : Isi dan Organisasi
                Data diorganisasikan dengan cara tertentu agar memungkinkan piranti lunak basis data relasional menggunakannya secara fleksibel untuk merespon ke pelangan.
1.Formulir entri satu record(single record entry form) hanya menampilkan satu record pada satu waktu.formulir ini digunakan untuk menambah,menghapus,atau memodifikasi data satu record satu table tertentu.Formulir seperti ini sering sekali digunakan untuk mengarsipkan data file induk.contohnya adalah formulir arsip persediaan,arsip pelanggan,dan arsip harga persediaan.
2. Formulir entri bentuk table(tabular entry form) menyediakan desain seperti kertas kerja untuk memasukkan banyak record di satu table.Jenis fromulir ini sering digunakan untuk mencatat sekumpulan kejadian, sebagai contoh apabila penerimaan kas diterima dalam sebuah surat dipagi hari,petugas penerimaan kas bias jadi memilki sekumpulan penerimaan kas untuk dicatat.Menampilkan formulir seperti ini,petugas dapat dengan cepat memindahkan dari satu baris ke baris berikutnya pada setiap penerimaan kas dimasukan.
3.Formulir entri multitable (multi-table entri form) adalah digunakan untuk menambahkan data ke lebih dari satu table.Sebagai contoh mencatat data dari table pesanan dan perincian pesanan.Untuk setiap pesanan,bias terdapat banyak record yang merupakan hubungan satu dengan banyak,sebuah formulir utama digunakan.Formulir utama (main form) memiliki dua bagian-bagian utama yang digunakan untuk menambahkan data ke “satu” table, dan subformulir (sub form) yang digunakan untuk menambahkan data ke “banyak” table. Dengan memasukan data di bagian “utama” formulir akan mengakibatkan penambahan satu record ke table pesanan.

1 komentar: